Peluang Usaha Budidaya Perikanan di Kabupaten Berau

Perkembangan kegiatan budidaya perikanan di Kabupaten Berau hingga tahun 2008 dirasa cukup menggembirakan. Hal ini terlihat dari besarnya animo masyarakat untuk melakukan kegiatan budidaya, baik budidaya ikan air tawar, air payau maupun air laut. Tidak dapat disangkal bahwa kegiatan budidaya perikanan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat apabila usaha tersebut dikelola secara tekun dan profesional. Berbagai ladang usaha bisa diambil dari kegiatan budidaya perikanan, mulai dari pembenihan, pendederan hingga pembesaran. Itu baru dari segi teknis budidaya, dari jenis komoditi bisa lebih beragam seperti budidaya ikan mas, lele, nila, patin, kerapu, bandeng dan udang windu. Di Kabupaten Berau kegiatan budidaya dalam keramba perkembangannya mulai marak, sehingga akan dibutuhkan ketersediaan benih secara kontinyu yang memadai dari segi kualitas dan kuantitas. Dan kegiatan pembenihan akan menjadi peluang usaha bagi yang berminat. Masih banyak lagi peluang usaha dibidang budidaya yang cukup menggiurkan diantaranya pembesaran kerapu di KJA (Keramba Jaring Apung) dan keramba tancap. Dengan harga perkilogramnya berkisar Rp 60.000,- hingga Rp 240.000,- (tergantung jenis dan size) tentu usaha ini tidak mengecewakan.  Dan pastinya menjadi peluang usaha lagi bagi penyedia benih yang bisa diperoleh dari alam atau dari luar Berau. Untuk budidaya udang/bandeng ditambak, potensinya cukup besar mengingat luas mangrove di Kabupten berau berkisar 20.850 Ha, sedangkan tambak yang telah dikembangkan baru berkisar 2.000 Ha. Tapi satu hal yang perlu diingat bagi peminat budidaya tambak adalah pengaturan letak petakan yang harus  memperhatikan kelestarian kawasan mangrove sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang pengelolaan kawasan lindung. Peluang bisnis tidak hanya sampai disitu, tetapi pengadaan sarana dan prasarana budidaya akan menjadi bidang usaha yang cukup menguntungkan.

Sebagai informasi kegiatan budidaya yang telah di laksanakan di Kabupaten Berau hingga tahun 2008 meliputi:

Budidaya Ikan Air Tawar:
1. Kecamatan Tanjung Redeb
2. Kecamatan Teluk Bayur
3. Kecamatan Gunung Tabur
4. Kecamatan Sambaliung
5. Kecamatan Tubaan
6. Kecamatan Kelay
7. Kecamatan Segah

Budidaya udang/bandeng di air payau:
1. Kecamatan Pulau Derawan
2. Sambaliung
3. Kecamatan Gunung Tabur
4. Kecamatan Talisayan
5. Kecamatan Biatan

Budidaya ikan air laut (kerapu):
1. Kecamatan Pulau Derawan
2. Kecamatan Maratua
3. Kecamatan Biduk-Biduk
4. Kecamatan Batu Putih

Selain komoditi di atas, yang pernah dikembangkan di Kabupaten Berau dan diupayakan untuk dikembangkan kembali adalah rumput laut dan teripang (rumput laut tahun 2009 mulai berproduksi).

Budidaya Rumput Laut:

1. Kecamatan Biduk-Biduk

2. Kecamatan Maratua

3. Kecamatan Pulau Derawan

Budidaya Teripang di Kecamatan Biduk-Biduk

Nah, dengan melihat potensi budidaya di Kabupaten Berau berarti peluang usaha di bidang budidaya semakin terbuka. Bagi pemilik modal dapat memikirkan dan memanfaatkan peluang tersebut. Dengan melakukan kegiatan budidaya perikanan berarti anda turut berpatisipasi dalam  peningkatan produksi perikanan yang mana akan bermanfaat untuk pemenuhan gizi masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat. Selamat berinvestasi!

Explore posts in the same categories: Uncategorized

5 Comments on “Peluang Usaha Budidaya Perikanan di Kabupaten Berau”

  1. satrio Says:

    terima kasih atas infonya, sangat berguna bagi saya pelaku agrobisnis.

  2. Harisal Says:

    budidaya keramba di kab. berau sangat menjanjikan namun ada kendala yang dihadapi masyarakat sekarang khususnya komoditi ikan mas yaitu adanya penyakit yang dapat mengakibatkan ikan mati secara massal, penyakit itu disebut dengan KHV (Koi Herves Virus). Virus ini dapat menyerang ikan mas dan ini sudah terjadi di kab. berau……………..
    TOOOLOOOOONNNNG MASYARAKAT UNTUK MENGATASI VIRUS HERVES……agar budidaya ikan mas di kab. berau dapat berlansung secara terus menerus maka perlu penanganan secara serius untuk mengatasai permasalahan in….. THANK’S……SALAM SUKSES…..

  3. nopans Says:

    gambarnya yg ndak ada

  4. solvapotter Says:

    saya jual CD cara budidaya rumput laut yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih


  5. Trims artikelnya, bisa buat referensi untuk bikin makalah


Leave a comment